Home » » 5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat

5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat


Perang antar negara di era modern tidak semata melibatkan persenjataan berat. Namun juga serangan cyber yang dampaknya tidak bisa dipandang remeh.
Beberapa negara memang sangat serius mengembangkan kapabilitas pertahanan maupun serangan cyber-nya. Anggaran besar pun dikucurkan dan para hacker berbakat direkrut.






Berikut beberapa negara yang dinilai punya tentara cyber terkuat, seperti yang saya kutup dari berbagai sumber.

China

China memang tidak pernah terbuka mengungkapkan kekuatan cyber-nya. Namun mereka diduga kuat terlibat dalam berbagai serangan cyber skala besar ke negara lain, seperti Amerika Serikat.
Tentara cyber China kabarnya di mobilisasi oleh People's Liberation Army dan juga melibatkan masyarakat sipil.

Amerika Serikat

Amerika Serikat mendedikaasikan cukup banyak sumber daya untuk memperkuat kemampuan cyber mereka. Diantaranya, dengan mendirikan United States Cyber Command pada tahun 2009.
Unit tersebut bertanggung jawab mempertahankan AS dari serangan cyber yang sering menerpa mereka serta mempertahankan infrastruktur krusial. Selain itu, mereka juga melancarkan serangan ke negara lain jika diperlukan.

Inggris

Belum lama ini, Inggris mendirikan lembaga khusus bernama Institute in the Science of Cyber Security (RISCC).
Organisasi baru ini menghimpun para pakar ilmu sosial, matematika dan ilmu komputer dari berbagai universitas terkemuka di Inggris. Mereka akan bersatu mencari solusi untuk menghadang ancaman cyber yang ditujukan ke negara tersebut.
Inggris juga sering mengadakan program pelatihan bernama Cyber Secutity Challenge. Program ini melatih para hacker agar mampu menghadapi tantangan cyber.

India

India merupakan negara yang cukup sering dilanda ancaman cyber. Untuk itu mereka pun memperkuat diri, antara lain dengan melatih sekitar 500 ribu pakar komputer.
Tentara cyber India juga cukup aktif melancarkan serangan ke negara lain di saat - saat terteentu.

Rusia

Sebagai negara kuat, Rusia juga tak mau ketinggalan dari negara - negara lain. Mereka mempunya kapabilitas cyber yang tak bisa dipandang remeh. Negeri Beruang Merah ini mempunyai lembaga khusus pertahanan cyber, seperti Russian Cyber Forces. Setidaknya ada sekitar 7.300 pakar internet dan komputer telah dihimpun untuk memperkuat kapabilitas cyber mereka.

Nah, itulah  5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat