Home » » Tentang Web Hosting

Tentang Web Hosting



Berikut beberapa pengetahuan dasar layanan web hosting yang saya rangkum dari berbagai sumber. 
Cek it out !!

Layanan web hosting adalah salah satu jasa layanan internet yang berfungsi untuk menyediakan atau menampilkan  halaman website di internet. Konsep layanan web hosting adalah menyediakan ruangan - ruangan server machine (mesin server) untuk penggunanya.


Shared Hosting

Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang digunakan oleh beberapa pengguna dengan domain berbeda, yang mana website mereka di taruh dalam satu server yang sama.

VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server atau server virtual, server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Jadi didalam VPS terdapat berbagai sistem operasi yang berjalan secara bersamaan dengan fungsi masing - masing.

Dedicated Server

Dedicated server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting ataupun VPS. Server ini bisa disediakan sendiri oleh pengguna jasa / penyewa dan bisa juga dipinjamkan pemilik server kepada penyewa.

Colocation

Colocation (kolokasi) adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan server secara bersamaan di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Selain digunakan untuk kebutuhan hosting, server - server tersebut juga bisa dipergunakan untuk menyimpan data suatu perusahaan, server VPN, dan berbagai macam kebutuhan perusahaan IT.

Colocation Server

Colocation server (server kolosasi) adalah server yang pasang di suatu tempat dimana penyewa tempat tersebut membutuhkan keamanan, kestabilan akses internet, kestabilan arus listrik ataupun apa saja sesuai keinginan penyewa.

DNS

Singkatan dari Domain Name System (Sistem Penamaan Domain), adalah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.

FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin - mesin dalam sebuah internetwork.

Bandwidth

Dalam hosting, bandwidth bisa disebut data transfer atau perhitungan data dari hosting sampai ke client.

Semoga bermanfaat...