Home » » Tentang Malware

Tentang Malware


Pada umumnya orang hanya mengenal istilah virus jika berkaitan dengan kode atau hal - hal 'jahat' di dunia teknologi. Namun secara definitif  jika kita membicarakan kode jahat, istilah yang seharusnya di gunakan adalah malware. Kenapa ?? karena sesuatu yang jahat dalam dunia teknologi (khususnya komputer) ada sangat banyak dan bukan hanya virus. Malware dapat diartikan sebagai program jahat yang mengubah (menghapus, menyembunyikan ataupun mencuri) data, mengkonsumsi bandwith dan hal - hal yang merugikan tanpa seizin atau sepengetahuan
korban. Nah, malware sendiri mencangkup worm, trojan, spyware/adware, rookit, bots, exploit, backdoor dan lain sebagainya.
Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan yang saya kutip dari berbagai sumber mengenai hal - hal jahat yang umumnya sering kita temui ; virus, worm, trojan, spyware.

Virus

Virus adalah malware yang dapat menginfeksi komputer dengan membutuhkan bantuan pihak ketiga (korbanya sendiri) dan tak dapat berjalan secara otomatis. Virus sering memalsukan (icon, ekstensi) dirinya sebagai sesuatu yang baik - baik agar korban mau menjalankan atau mengklik dirinya. Untuk lebih meyakinkan si korban untuk mengklik dirinya, virus sering memalsukan diri sebagai konten porno, file crack dan hal - hal yang menarik untuk diklik.

Worm

Malware ini dapat menginfeksi secara otomatis tanpa bantuan pihak ketiga. Jadi sekali worm ada di komputer / jaringan, ia akan secara otomatis menyebarkan dirinya tanpa dicegah oleh korban. Namun, untuk dapat menginfeksi secara otomatis worm harus mengeksploitasi celah keamanan software (Office, Adobe Acrobat atau software apapun yang umumnya populer), dan jika celah keamanan yang dieksploitasi / dimanfaatkan oleh worm untuk menyebarkan dirinya sudah ditambal (patch), maka worm tersebut tidak memiliki kemampuan menginfeksi sistem lagi.

Trojan

Malware yang satu ini sering berpura - pura sebagai program yang berguna dan berjalan dengan baik, seperti crack game ataupun program lain  yang secara diam-diam menginstalkan dirinya pada sistem dan menjalankan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam ketikan keyboard dan mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya.

Spyware

Pada awalnya spyware dimanfaatkan untuk menampilkan iklan atau adware di komputer korban, dimana setiap kali iklan / ad tersebut tampil di komputer korban akan memberikan keuntungan finansial bagi pembuatnya (pay per click).  Sekarang banyak beredar rogue antivirus (antivirus palsu) yang merupakan metamorfosis dari adware. Jika rogue antivirus ini terinstall di komputer korban, ia akan menakut - nakuti korbannya dengan menampilkan pesan palsu seakan - akan komputer korban terinfeksi banyak malware berbahaya dan hanya bisa di bersihkan jika membeli aplikasi antivirus pada link yang disediakan.

Semoga bermanfaat yah..