Home » » Jenis Hacker Berdasarkan Pola Pikir

Jenis Hacker Berdasarkan Pola Pikir

Mungkin anda mengira, semua hacker selalu melakukan tindakan kejahatan di setiap aksinya. Namun tak semua hacker itu jahat loh, buktinya saya gak jahat :p (ngaku hacker :D ) hihihihhihhii...Oke.. kali ini saya akan mengulas secara singkat Jenis Hacker Berdasarkan Pola Pikir, simak baik - baik supaya anda tidak salah tentang apa, siapa dan bagaimana seorang hacker itu.


Berdasarkan pola pikir, hacker bisa di kelompokan menjadi beberapa jenis, yaitu :
White Hat Hacker
White hat hacker juga dikenal dengan ethical hacker adalah hacker yang secara etik melawan serangan terhadap  sistem komputer. Mereka sadar bahwa internet adalah perwakilan dari suara umat manusia. Seorang white hat akan memfokuskan dirinya untuk membangun jaringan keamanan (security system). White
hat juga sering sering kali di gambarkan sebagai orang yang menerobos jaringan untuk menolong si pemilik jaringan untuk menemukan cacat pada jaringanya. Banyak dari mereka yang dipekerjakan di perusahaan computer security, sehingga disebut sneakers. White hat biasanya sangat mengerti internal detail dari security system dan dapat mencari solusi untuk memecahkan masalah yang ada.

Black Hat Hacker
Kebalikaan dari white hat ini juga dikenal dengan darkside hacker, adalah hacker yang berorientasi kriminal dengan sifat perusak. Sama halnya dengan white hat, black hat juga sangat mengerti tentang security system dan mengetahui cacat dari sebuah sistem. Black hat selalu menerobos keamanan yang dibuat oleh white hat dan mengutamakan keuntungan individu dari pada accsesibility dari privasi dan security. Mereka akan mencari cara untuk membuat lubang yang terbuka pada sebuah sistem menjadi lebar dan mengambil alih sistem tersebut.

Yellow Hat Hacker
Secara sederhana, hacker yang satu ini selalu tentang  pujian dalam setiap aksinya. Tapi mereka memiliki tujuan positif.

Red Hat Hacker
Secara sederhana, red hat berfikir dan melakukan serangan ketika mereka mendapat emosi atau dorongan tertentu untuk melakukan aksinya.

Green Hat Hacker
Seorang gren hat memiliki pola berfikir : >> Hat (plant)
                                                             >> Alternatives
                                                             >> New Approaches
                                                             >> Everything goes (speculatif)

Blue Hat Hacker
Blue hat selalu memikirkan tantangan untuk mencari bug atau kesalahan pada sebuah sistem. Mereka juga sering digunakan oleh perusahaan computer security untuk mengetes keamanan sistem sebelum digunakan.

Grey Hat Hacker
Adalah hacker yang sering bertindak secara legal dengan itikad baik, namun kadang tidak. Grey hat bisa disebut perpaduan antara white hat dan black hat, karena mereka melakukan aksi untuk kepentingan individual namun tidak merusak. Walaupun aksi mereka tergolong melanggar hukum karena membobol sebuah sistem dengan sengaja, namun Grey hat tidak akan melakukan tindakan kejahatan.