Home » » Sedikit Pembahasan Mengenai JAVASCRIPT

Sedikit Pembahasan Mengenai JAVASCRIPT

Jika java merupakan bahasa pemrogram dan HTML  merupakan 'pengkodean' maka perpaduan antara keduanya disebut Javascript Hybrid.
Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dibuat untuk memudahkan setiap orang untuk mempelajari bahasa Java. Akan tetapi javascript tidak memiliki kompiler seperti halnya java. Namun begitu javascript yang bersifat interpreter, yaitu script yang telah dibuat dengan text editor seperti notepad atau wordpad memiliki sifat yang sama dengan java.

Beberapa keunggulan javascript dalam mengolah dan mengkondisikan sebuah web antara lain ukuran filenya yang kecil. Ketika user merequest sebuah web dari webserver dimana didalam web tersebut memuat sebuah javascript maka javascript tersebut akan cepat di aplikasikan di browser tanpa harus diolah terlebih dahulu di server (Cient Side). User juga dapat melihat sourcenya dengan mudah tanpa ter-enkripsi oleh server. Selain itu javascript juga mampu membuat aplikasi menarik yang dapat kita letakkan di website kita.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan javacsript :

Kelebihan

- Ukuran File Kecil
Javascript memiliki ukuran yang kecil, sehingga akan lebih cepat ditampilkan ketika anda mengakses web yang memiliki javascript di browser.

- Mudah Dipelajari
Javascript merupakan bahasa pemrograman yang merupakan gabungan antara Java dan HTML. Walaupun javascript merupakan turunan java, tetapi javascript tidak memiliki aturan serumit java.

- Terbuka
Javascript tidak terikat oleh hardware maupun software tertentu, maka ia dapat dibuat maupun dibaca di semua jenis komputer.

Kekurangan

- Script tidak Terenkripsi
Meskipun merupakan keuntungan karena script yang dibuat tidak perlu diolah server, tapi user bisa meniru script yang anda buat. Karena, ketika mengakses web yang memuat javascript user dapat melihat sourcenya.

- Kemampuan Terbatas
Walaupun bisa membentuk web interaktif maupun dinamis, namun javascript tidak mampu membuat program aplikasi sendiri seperti java.

- Keterbatasan Objek
Javascript tidak mampu membuat kelas - kelas untuk menampung objek - objek tambahan seperti java karena javascript telah memiliki objek yang built-in pada struktur bahasanya.